Umat CIC yang saya kasihi,
Ketika membaca Kitab Suci Perjanjian Baru, kita sering menemui banyak tokoh penguasa dan kelompok. Misalnya orang Farisi, Saduki, para Imam dan sebagainya. Siapa saja para penguasa dan kelompok-kelompok penting dalam masyarakat Yahudi?

Para Penguasa.
Kita semua sudah tahu bahwa pada zaman Yesus, Palestina dikuasai oleh kekaisaran Romawi. Lantas siapa saja yang menjadi penguasa di Palestina?

Herodes Agung dan Para Penggantinya.
Pada mulanya Roma tidak memerintah Palestina secara langsung tetapi memakai Raja Boneka (vassal king). Pada zaman Yesus, penguasanya adalah Raja Herodes Agung yang hidup memerintah antara 37 SM – 4 SM. Ia adalah raja yang sangat pandai namun sadis dan paranoid. Dialah yang memerintahkan pembunuhan bayi tidak berdosa selepas Yesus lahir pada tahun 4 SM. Dia berdarah Roma dan Yahudi dari Idumea. Dia adalah seorang pembangun yang ulung: Bait Allah, pelabuhan dan tata kota yang baik. Dia memiliki 10 istri dan salah satu istri dan anaknya dia bunuh karena dirasa menentangnya. Bait Allah sendiri dibangun dari tahun 20 SM dan akan selesai pada tahun 66 M. Sayang, tidak lama sesudah selesai dibangun akan dirusak oleh tentara Roma. Dia meninggal pada tahun 4 SM karena penyakit kanker.

Para Pengganti Herodes Agung.Setelah Herodes meninggal, Kerajaan Israel dibagi tiga dengan tiga penguasa yang adalah anak-anak dari Herodes Agung.

Herodes Arkhelaus.
Dia adalah putra Herodes dari Ibu Malthace dan mengganti Herodes di wilayah Yerusalem. Dia mewarisi sifat ayahnya yaitu bengis dan paranoid. Dia memerintah selama 10 tahun (4 SM – 6 M) dan kemudian wilayah Yerusalem diperintah oleh tentara Roma berpangkat Procurator. Pada zaman Yesus, Prokuratornya bernama Ponsius Pilatus. Jejak dalam Kitab Suci ada dalam Matheus 2:22, “Tetapi ketika didengarnya, bahwa Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes ayahnya, ia takut ke sana”.

Herodes Antiphas.
Dia putra Herodes Agung dari Ibu Malthache. Dia berkuasa di Galelilea dan Parea, memerintah dari 4 SM sampai dengan 39 M. Di dalam Kitab Suci, kita bisa menemukan Herodes Antiphas misalnya dalam Mat 14, Luk 13:32. Dia dikritik oleh Yohanes Pembabtis karena menikah dengan Herodias istri saudaranya, Herodes Filipus.

Herodes Filipus II (4 SM-34 SM)
Dia putra Herodes agung dari Marianme II dari Yerusalaem. Dia memiliki istri bernama Herodias dan memerintah di wilayah Kaesarea Filipi dan sekitarnya.

Kelompok-Kelompok Dalam Masyarakat Yahudi (Lihat Kamus Alkitab).

Saduki.
Golongan pemimpin Yahudi yang sebagian besar adalah imam-imam, keluarga aristokrat dan para pedagang. Saduki adalah kata yang berasal dari Zadok, imam besar. Mereka memegang otoritas mengatur Bait Allah. Mereka mendasarkan pengajarannya kepada kelima Kitab Musa dan menolak segala adat istiadat yang ditambahkan kemudian. Mereka tidak percaya kebangkitan dan malaikat. Mereka sangat terbuka kepada kebudayaan Yunani dan suka berkolaborasi dengan penguasa Roma.

Farisi.
Golongan yang terdiri dari para rabi dan ahli taurat yang sangat berpengaruh. Mereka berpegang pada Taurat Musa dan adat istiadat nenek moyang (Mat 15:2). Seluruh hukum mereka taati secara mutlak. Mereka sering berseberangan pendapat dengan Kaum saduki dan ingin melepaskan kontrol bait Allah dari kaum saduki. Mereka ingin agar praktek kesalehan di Bait Allah dibiasakan juga di rumah.

Mahkamah Agama.
Mahkamah agama adalah terjemahan dari kata Sanhedrin yang berarti duduk bersama. Mereka terdiri dari para imam kepala, para ahli taurat dan tua-tua Yahudi berjumlah 70 orang dan dipimpin oleh Imam Agung.

Eseni.
Walaupun sejarawan Yahudi Yosepus melaporkan kelompok Eseni ini, tetapi kelompok ini menjadi terkenal saat seorang gembala Palestina bernama Muhammad iseng-iseng melempari gua dengan batu, dan terdengar gerabah yang pecah terkena batu. Dan kemudian diketemukan di dalam bejana-bejana gerabah gulungan Kitab-Kitab Perjanjian lama kecuali Esther, Makabe dan Kebijaksanaan Salomo. Maka terkuaklah komunitas Eseni, di mana Yohanes Pembabtis menjadi anggotanya. Mereka tinggal di gua-gua, minatnya adalah menyalin Kitab Suci. Mereka hidup ugahari sehingga belalang dan madu hutan menjadi makanan mereka.

Zelot.
Golongan orang Yahudi yang menentang Roma. Mereka bergerak di bawah tanah. Nama itu berarti kelompok yang ingin membebaskan dari politik. Salah satu murid Yesus adalah bekas anggota Zelot adalah Simon (Luk 6:15, Kis 1:13).

Ahli Taurat.
Para Ahli Taurat sering disinggung oleh Yesus di dalam Kitab Suci. Mereka adalah para pengajar dan penafsir Kitab Taurat.

Semoga tulisan ini membantu para saudara di dalam membaca dan mempelajari Kitab Suci.

Pelayanmu dalam Tuhan,

Pst. Petrus Suroto
Chaplain CIC

%d blogger menyukai ini: