Seperti apakah keluarga yang sehat itu?

Tokoh Psikologi Keluarga Virginia Satir menggambarkan keluarga yang sehat. Saya menterjemahkan secara bebas dalam ungkapan namun setia dalam isi.

Betapa terasa berbeda masuk dalam keluarga yang sehat dan menumbuhkan. Saya dapat merasakan gairah hidup, keaslian, kejujuran dan kasih. Jika saya tinggal di keluarga yang sehat dan menumbuhkan, saya akan didengarkan, namun juga tertarik untuk mendengarkan pada yang lain.

Saya bisa dengan terbuka mengekspresikan kasih, tetapi juga ketidak-senangan dan ketidaksetujuan. Saya tidak akan takut mengambil inisiatif dan mengungkapkan kekeliruan, karena anggota keluargaku menyadari bahwa kekeliruan adalah bagian dari pertumbuhan.

Saya akan merasa sebagai diri pribadi yang berharga sebab saya dikenal, dihargai, dikasihi –dan dengan jelas saya juga diminta untuk memperhatiakan, menghargai dan mencintai sesama.

Dalam keluarga yang sehat: tubuh dihargai, ekspresi wajah para anggota relaks. Anggota keluarga saling memandang jika berpapasan: tidak membuang muka atau melihat ke lantai

Saudaramu dalam Tuhan,

Fr. Petrus Suroto msc.
Chaplain.

%d blogger menyukai ini: